Sabtu, 17 Juli 2010

Memperkecil Ukuran File Hasil Scan

Dokumen yang akan kita kirim baik dokumen penawaran maupun dokumen kualifikasi kadang filenya menjadi sangat besar, bahkan ada yang file rhs-nya mencapai 150-300 Mb. Untuk file yang sebesar itu mustahil bagi penyedia yang mempunyai bandwitdh kecil untuk menguploadnya. Apalagi kalau penyedia internetnya hanya menggunakan kartu gsm ataupun cdma. Bahkan yang penyedia yang akses internetnya menggunakan telkom speedy pun bakalan kehabisan waktu apabila filenya sebesar itu.

Solusinya dengan datang ke Sekretariat LPSE, dan mengupload dari ruang bidding akan mempercepat proses upload file. Tapi bagaimana seandainya ruang bidding penuh? karena biasanya pada saat injury time (kayak sepak bola aja...hehe) ruang bidding penuh oleh penyedia lain yang akan mengload juga seperti anda.
Kami sebagai pihak LPSE akan berbagi trik untuk memperkecil ukuran file, yang dalam topik ini kami membahas tehnik scan file dokumen.

Kenapa filenya harus di perkecil?
  1. Lebih cepat waktu uploadnya
  2. Memungkinkan anda untuk mengupload dari rumah, terutama saat malam. Karena malam hari trafik internet tidak sibuk.
  3. Dengan mengupload dari ruang bidding, Anda harus antrian dengan pengguna/penyedia lain.

Trik

1. Saat anda membuka kota dialog scan, umumnya hasilnya akan tampak seperti gambar dibawah ini.


2. Klik tab Advanced Mode.

3. Akan tampil kotak pesan seperti gambah dibawah, klik OK.


4. Tampilan akan berubah menjadi mode advanced (mode yang lebih detail).


5. Pada Output Resolution, defaultnya 300 dpi diubah menjadi 90 atau 100 dpi.


6. Sekarang Anda bisa memulai scan dokumen-dokumen Anda.

Begitu saja? yap... kok gambarnya agak pecah? walaupun gambarnya kurang bagus, toh yang penting pihak Panitia masih bisa membacanya.

Trik diatas penulis menggunakan Scanner merk Canon type CanoScan. Bagi yang menggunakan scanner merk lain perhatikan item-item yang saya jelaskan diatas untuk disesuaikan dengan tampilan pada aplikasi anda, terutama pada item Resolution.

Semoga trik ini bisa membantu....

1 komentar:

Komentar :